Menu

Tak hanya wajah, rambut, dan kulit yang harus diperhatikan oleh perempuan, kesehatan kaki pun tak boleh terabaikan. Salah satu penyakit yang biasanya menyerang kaki adalah infeksi jamur penyebab bau dan munculnya jagung atau kapalan di permukaan kulitnya.Kapalan adalah sel kulit mati yang menebal di permukaan kulit yang disebabkan kegiatan gesekan berulang atau tekanan yang ditimbulkan sepatu, sandal, kaos kaki yang tak nyaman atau kesempitan. Sel-sel kulit ini berbentuk bulat seperti benjolan berwarna kuning layaknya butiran jagung.Untuk mengatasinya, cukup mudah. Namun jangan jadikan kemudahan ini sebagai alasan Anda mengabaikan kenyamanan kaki saat menggunakan alas kaki.

Berikut adalah lima tips untuk melindungi kaki Anda dari kapalan:

1. Mencuci kaki
Jangan lupa mencuci kaki Anda dengan air bersih dan sabun antibakteri setelah bepergian atau sebelum tidur.

2. Menjaga kelembutan kaki
Agar tidak kering dan menyebabkan kapalan, kaki harus dijaga kelembutannya. Minyak jarak (castor oil) bisa menjadi pilihan Anda untuk melembutkan kulit kaki.

3. Melunakkan sel mati kulit
Melunakkan Sel-sel kulit mati yang mengering
Jagung atau kapalan sangat tebal dan membuat  Anda tak nyaman saat melangkah. Nah untuk itu, Anda harus melunakkan bagian kulit mati sebelum menghilangkannya. Caranya, bungkus bagian yang kapalan dengan kapas yang diberi cuka semalaman. Keesokan paginya hilangkan sel kulit mati yang telah melunak dengan batu apung.

4. Cegah pertumbuhan bakteri dan jamur
Scrub selain melembapkan kulit, juga mampu menjaga infeksi bakteri dan jamur di kaki. Gunakan scrub sebelum tidur dan Anda akan mendapatkan kulit kaki yang lembab dan wangi keesokan paginya.

5. Hindari penggunaan alas kaki yang ketat dan sempit
Hal ini untuk membuat jari dan kuku bernapas dengan baik sehingga terhindar dari bakteri dan jamur. Selain itu, sepatu yang nyaman bisa menjaga tulang kaki Anda terhindar dari kelainan. (Zeenews)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top