Menu

Bisa segera lulus kuliah tentu adalah hal yang diinginkan oleh setiap orang. Sayangnya, perasaan resah dan khawatir tentang apakah nanti bisa langsung kerja atau tidak seringkali membayangi. Pasalnya, sebagai orang tua, tentunya menginginkan agar anaknya bisa segera bekerja setelah lulus. Dan sebagai anak pun demikian, ingin segera bisa bekerja agar bisa membalas budi jasa dan usaha orang tua selama ini.
Nah, bila anda ingin bisa segera bekerja setelah lulus kuliah nanti, berikut adalah tips bagaimana cara memilih pekerjaan yang tepat bagi sarjana baru atau para fresh graduate sebagaimana dikuti dari Yourcoffeebreak
.
1. Tentukan Bidang Diminati
Ini adalah hal yang penting. Tanyakan pada diri anda, jenis pekerjaan apa yang anda minati. Sektor industri apa yang menjadi bayangan anda menjadi tempat bekerja. Dengan mengetahui jenis pekerjaan dan perusahaan apa yang anda inginkan, maka anda akan lebih fokus untuk menemukan pekerjaan yang memang sesuai dengan anda.
2. Menjalin Hubungan
Sangat penting untuk menjalin hubungan dengan orang-orang yang berada di bidang pekerjaan yang anda inginkan. Cara termudah adalah dengan menjalin hubungan dengan senior atau alumni kampus yang sudah terjun ke dunia kerja. Anda bisa bertanya seputar lowongan pekerjaan dan keahlian apa saja yang anda perlukan untuk bisa masuk ke bidang tersebut yang anda inginkan.
3. Pegang Teguh Nilai
Jangan sampai Anda masuk ke dalam perusahaan yang nilai-nilainya tidak sesuai dengan prinsip anda. Misalnya, anda menginginkan pekerjaan yang mengedepankan kesetaraan gender, maka tentunya perusahaan yang atasannya didominasi oleh pria kemungkinan tidak akan sesuai untuk anda.
4. Kenali Kemampuan
Yang terakhir yang harus anda perhatikan adalah bahwa a Anda harus tahu kemampuan dan gaya kerja anda sendiri. Apakah anda lebih mudah bekerja sama dalam tim atau tidak? Apakah anda suka tantangan dan bekerja di bawah tekanan? Apabila memungkinkan, cobalah cari informasi mengenai gaya kerja dari perusahaan yang anda lamar.
foto:tipskarir.com

View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top