Menu

Ilustrasi anak menangis. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/ Happy Together
Menjadi orang tua bukan tugas yang mudah. Anda harus belajar untuk menjadi sabar, dan berusaha menyaring setiap kata yang Anda sampaikan pada anak. Selain kata-kata, Anda juga harus bisa mencontohkan sikap yang baik padanya. Nah, berikut adalah empat hal yang tidak boleh dilakukan pada anak ketika Anda sedang marah. Mari kita simak bersama!

1. Menggunakan bahasa kasar
Beberapa orang tua sering kali menggunakan bahasa kasar pada anak-anak mereka. Perilaku tersebut akan meninggalkan kesan buruk pada anak dan membuat mereka jadi keras. Pastikan Anda tidak menggunakan bahasa kasar ketika Anda sedang marah.

2. Membandingkan dengan anak lain
Sebagian orang tua sering membandingkan anak mereka dengan anak lain. Ini memiliki dampak buruk pada harga diri anak dan sangat melukai hati mereka. Sikap semacam ini tidak boleh diadopsi oleh orang tua karena akan berdampak buruk pada mental anak.

3. Membuat mereka tidak percaya diri
Hal ini terkait dengan poin sebelumnya yang berbicara tentang membuat perbandingan yang tidak rasional. Jangan mengatakan hal-hal seperti "Kamu nakal" atau "Kamu tidak mampu melakukan hal itu". Kata-kata semacam itu bisa menurunkan rasa percaya diri anak dan hanya akan memperburuk hubungan antara Anda dan anak Anda.

4. Melakukan kekerasan fisik
Jangan sesekali melakukan ini karena Anda tidak akan membuat anak Anda jadi seorang penurut.

Inilah empat hal yang tidak boleh dilakukan pada anak ketika Anda sedang marah. Jangan biarkan kemarahan menguasai akal sehat Anda, dan mendorong Anda mencontohkan sesuatu yang tidak baik pada anak Anda.
SUMBER ARTIKEL

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top