Menu

Ingin Kerja dari Rumah? Berikut Tipsnya! – Bekerja dari rumah atau freelance memang menyenangkan. Anda akan mendapatkan penghasilan sekaligus tidak terlepas dari urusan keluarga.
Maka, bekerja dari rumah sangat cocok bagi para ibu yang ingin membantu suami mencari nafkah, sekaligus tidak mau melepas tanggung jawabnya di rumah.
Kerja freelance sebenarnya tidak sulit. Namun, diperlukan beberapa penyesuaian khusus karena bekerja dari rumah tentu saja lebih bebas dari kerja di kantor, namun juga terikat dengan tugas.
Oleh karena itu, sebelum memutuskan terjun di ranah freelance, simak tipsnya di bawah ini.
1. Siapkan mental
Anda akan mengalami perubahan suasana dan rutinitas. Dari yang semula bebas sepenuhnya, kini menjadi bebas namun terikat. Tidak masalah, lambat laun Anda akan menikmati semua proses tersebut.
Siapkan juga jawaban ketika tetangga atau keluarga menanyakan mengapa Anda tidak bekerja di kantor dan jarang keluar rumah.
2. Penghasilan
Bekerja secara freelance berarti Anda mempegawaikan diri Anda sendiri. Artinya, banyaknya penghasilan yang Anda peroleh tergantung dari berapa keras dan berapa lama Anda bekerja. Bicarakan dengan keluarga bahwa penghasilan Anda tidak dapat dipastikan per bulannya.
3. Perluas jaringan
Begitu Anda mendapat klien atau pelanggan, bangun terus komunikasi dengannya, bahkan setelah kerjasama dengannya berakhir. Bergabunglah di forum-forum freelancer untuk semakin menambah wawasan dan jaringan.
4. Tentukan target
Tentukan kerja apa yang akan Anda lakukan, apakah toko online, penulis lepas, atau blogger. Semua memiliki tantangan, konsekuensi, dan keuntungan tersendiri. Pilihlah yang paling sesuai dengan bakat dan minat Anda.
5. Atur waktu
Sekalipun Anda hanya butuh beberapa detik untuk ke “tempat kerja”, serta tidak ada yang mengawasi pekerjaan Anda, ada baiknya Anda mengatur waktu agar tidak tumpang tindih dengan urusan pribadi. Misalnya, kerja mulai jam 8, istirahat 1 jam pada pukul 12, dan bekerja lagi sampai jam 4 sore.
6. Sabar dan telaten
Kunci utama menjalankan usaha sendiri adalah sabar dan telaten. Mungkin pada awalnya Anda akan kesulitan dan mendapat omongan kurang baik dari tetangga, namun seiring waktu, doa dan kerja keras, bukan tidak mungkin apa yang Anda bangun dari nol akan terwujud menjadi usaha besar.
Bagaimana? Siap memulai usaha sendiri di rumah?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top