Menu

Sering Boros Belanja? Stop dengan 7 Tips Ini!
Sering Boros Belanja? Stop dengan 7 Tips Ini! – Pernahkah Anda terlambat menyadari bahwa Anda telah menghabiskan banyak uang untuk belanja?
Atau, pernahkah tagihan kartu kredit tiba-tiba membengkak karena Anda keasyikan “memindahkan” barang dari etalase toko ke rumah Anda?
Berbelanja sesuai kebutuhan memang tidak ada salahnya. Namun, terlalu boros dalam belanja sangat tidak baik untuk keuangan Anda. Apalagi jika gaji Anda termasuk besar, namun Anda selalu merasa tidak pernah cukup dalam berbelanja.
Di bawah ini 7 tips yang dapat Anda lakukan untuk meredam keborosan belanja Anda.
1. Bawa uang tunai
Salah satu cara menghambat nafsu belanja adalah membawa uang tunai ketika bepergian, dan tinggalkan kartu kredit serta ATM Anda di rumah.
Membawa uang tunai tidak mengizinkan Anda untuk belanja terlalu banyak, karena Anda tidak mungkin membawa uang tunai dalam jumlah besar ketika keluar rumah.
Sebaliknya jika memakai kartu kredit, Anda akan berpikir barang-barang yang akan Anda beli bisa dibayar nanti. Secara psikis, ini membuat Anda merasakan kenyamanan semu untuk terus berbelanja.
2. Jauhi mall
Apakah Anda tipe orang yang ingin segera ke mall ketika bosan atau waktu senggang? Jika iya, maka Anda wajib mengalihkan kebiasaan itu ke hal yang lebih bermanfaat mulai sekarang.
Jika Anda tidak tahan tinggal di rumah, sebaiknya kunjungi perpustakaan atau taman kota untuk mendapat suasana baru.
3. Jauhi online shopping
Kemudahan yang ditawarkan toko online bisa membahayakan bagi penggemar belanja. Tanpa harus antri, memilih barang hanya dengan sekali klik, ditambah dengan pembayaran dari tempat, membuat Anda tidak sadar menghabiskan ratusan ribu bahkan jutaan hanya untuk memilih pernak pernik seperti fashion atau aksesoris.
4. Pikir sebelum belanja
Sebelum memutuskan membeli barang, pikirlah ulang apakah barang tersebut benar-benar Anda butuhkan atau tidak. Jangan sampai setelah mengeluarkan banyak uang, Anda justru menyesal karena barang tersebut tidak terlalu berarti bagi Anda.
5. Jangan tergiur diskon
Diskon atau penawaran khusus sering meluluhkan para penggemar belanja. Padahal, harga diskonan dipatok tidak terlalu jauh dari harga aslinya. Jika memang berniat sungguh-sungguh untuk mengurangi belanja, jangan mudah tergiur dengan diskon.
6. Jangan install aplikasi belanja di gadget
Aplikasi belanja di smartphone akan memudahkan Anda untuk memilih barang yang Anda butuhkan. Namun kadang hal ini disalahgunakan.
Sama seperti toko online, kemudahan yang ditawarkan aplikasi belanja kadang membuat Anda terlena dan baru menyadari setelah saldo Anda menipis atau tunggakan kartu kredit semakin menumpuk.
7. Menabung
Tidak selamanya Anda sehat dan muda. Daripada menghamburkannya di tempat belanja hanya demi kesenangan sementara, alangkah lebih baik Anda sisihkan sebagian gaji Anda untuk menabung.
Kebiasaan baik ini akan menanamkan pengertian pada alam bawah sadar Anda, bahwa uang yang Anda miliki terlalu berharga jika dihamburkan untuk keperluan kurang penting.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top